Panci Daging didalam Konsep Lupa (Part 1)





Kejadiannya tepat malam minggu, berhubung rumah gue adalah rumah andalan temen-temen gue untuk berkumpul setiap malam, jadi malam minggu rumah gue menjelma menjadi rumah anak panti asuhan yang terlantar(miris), temen-temen gue jam 9an malem udah standby didepan rumah dengan gaya anak-anak band bule gitu, gue juga nyambut kedatangan mereka dengan gaya yang sangat heboh banget, pake kaca mata item, kemeja panjang motif bunga-bunga, topi koboy tapi ga pake celana
(nggak-nggak), biasa aja sii, Cuma karena nuansa malem minggu adalah nuansa para jomblowan yang kurang gaul menurut gue, jadi pada belaga oke aja.

Kira-kira jam 11 malem, temen-temen gue uda terkumpul sekitar 16 orang, gue udah buatin segala macam keperluan mereka seperti kopi, teh, susu, “Ini teh susu”, dan beberapa makanan ringan lainnya seperti kertas HVS dan plastik pakean kotor *muntah pasir*. Lanjut, gue  duduk sama mereka didepan rumah, tiba-tiba nyokap gue manggil, “Cin masuk kedalem bentar, mama mau ngomong”, “Oke mah” jawab gue. Gue masuk kedalem rumah, terus nyokap ngomong, “Cin itu mama baru masak sayur daging pindang, dagingnya masi banyak kok, kalo temen-temen pada mau makan tinggal dipanasin aja”, dengan senang hati gue nyaut “SIAP MAH!!”, mungkin karena terlalu antusias tereakan gue itu persis depan muka nyokap gue “GELLEPOOOK!!” *kena tabok nyokap*.

Nyokap abis nabok langsung ngomong “Yauda mama masuk kamar dulu ya nak, jaga dirimu baik-baik”, “AKU KAN GA MAU KEMANA-MANA MAH!!!!!!”,-----------à “GELLPOK!!” *kena tabok lagi*. Okelah, nyokap masuk kamar, gue langsung kedepan nemuin temen-temen dulu. Kita berbincang lumayan lama, gue Tanya sama mereka, “Lo pada ga ada yang laper apa?, nyokap gue masak sayur daging tuh, dagingnya masi banyak kok”, mereka serempak menjawab dengan gaya menyanyikan lagu hymne guru, “Tidak Acin terimakasih banyak, kami telah dalam keadaan yang terlarut kenyang”, “RIBBBEETTTT”, *pingsan 10 detik*.

Seiring dengan berjalannya waktu tepat jam stengah 1 pagi perut gue keregean(kalo keroncong udah ga jaman), bunyi “Kriuk krik kriuk” yang pasti bukan bunyi iklan mie sedap. Gue permisi kepada seluruh teman-teman yang berada didepan rumah untuk makan, dan mereka mengizinkan gue “Alhamdulillah Ya Awooohhh”. Gue langung ke dapur, dan tepat diatas kompor telah terpampang sepanci besar sayur daging, gue ga tau namanya panci jenis apa itu, pokoknya bentuknya sok bijak. Didalamnya terdapat sayur yang berisikan daging sekitar 10 kg, “DUA KILO!!” nyokap gue tereak dari kamar, padahal gue ngomong 10 kg dalem hati, itulah hebatnya nyokap. Jadi intinya daging itu 2kg, lumayan lah, buat makan seminggu, “TIGA HARIII!!” nyokap gue tereak lagi. Skip

Gue panasin sayur, lalu gue tungguin, ga lama salah satu temen gue yang namanya ga layak gue sebutin diartikel ini, karena itu pesen dia, dia artis terkenal ibu kota jadi lo semua harus maklumin. Dia manggil gue, dan akhirnya gue kedepan, dia manggil gue buat minta gue nyeritain kisahnya sepupu gue yang namanya Musa, yang orangnya bawel banget, yang kisahnya pernah gue tulis disalah satu artikel yang judulnya “Ultramen dan Iwak peyek”, karena bukan Cuma dia yang penasaran sama kisah itu, akhirnya gue ceritain kisahnya Musa ketemen-temen gue, mereka antusias banget denger cerita gue, gue juga ngerasa seneng karena bisa ngehibur mereka. 

Ditengah-tengah cerita terdengar suara ledakan dari dalam rumah gue, tepatnya didapur, lebih tepatnya diatas kompor *nuansa menjadi horror*, gue dan temen-temen gue kaget, gue langsung lari ketengah-tengah rumah, suasana udah tertutup awan hitam, maksud gue kabur gelap, lebih tepatnya asap sayur daging karena gue lupa buat matiin kompornya, gue ga tau nasip gue kedepannya bakal gimana kalo ampe nyokap tau masalah ini. Rumah gue gelap banget, untuk mengkamuflase asap hitam yang bertebaran, gue ambil baygon semprot dan gue semprotin keseluruh bagian rumah gue, pertempuran antara baygon semprot dengan asap hitam akibat gosongnya daging telah terjadi secara kasat mata dihadapan gue, dan gue mendengar teriakan dari baygon semprot yang sedang berjuang “Tolong akuuu, aku tak mampu untuk menghadapi asap gelap ini” dan ternyata baygon semprot kalah sama asap daging.

Filosofi kehidupan pertama : Kalo ada masakan rumah yang gosong dan asapnya banyak, jangan disemprot pake baygon. Karena percuma.

Lanjut, temen-temen gue ga keliatan lagi gimana wujudnya karena gelapnya asap, seketika asap udah mulai sedikiit gue liat temen-temen gue udah pake seragam ala terroris, tiarap ga jelas gitu “LO PADA MAU NGAPAIN?????”, mereka jawab “Lo ga kenapa-napa kan cinn?”, (khayal dikit).. gue nyuruh mereka buat balik kedepan, tujuannya biar kalo nyokap ngamuk mereka ga denger suara amukan nyokap gue.

Gue perlahan dengan gaya meraba masuk kedapur dan memastikan apa yang terjadi, ternyata benar, sayur daging yang berisikan dua-kg daging itu telah berubah makna menjadi serangkaian dendeng hangat yang siap disajikan, awalnya gue anggep ini suatu mukjizat, karena siapa yang ngira dari kejadian barusan akan tercipta Realitas yang begitu dahsyat, gue emang lebih suka dendeng ketimbang sayur kuah gitu, tapi yang gue heran, kalo ini beneran dendeng, kenapa rasanya pait banget yaa?.

*tidak lama kemudian* “Apa yang telah kau lakukan wahai anakku yang sialan?”, tebak suara siapa itu?, okelah gue kasi tau aja langsung, itu suara nyokap gue, posisi gue masi ngadep kearah dendeng pait itu, nyokap tepat dibelakang gue, gue belom berani nengok kebelakang *muter otak* dan akhirnya menemukan alasan(ting tung) suara bbm gue, pas gue diem-diem baca, temen gue bbm “Cin, semoga lo tenang disisinya!”, gue gelisah belom berani nengok belakang. Nyokap masi standby.

Gue memutar bagian tubuh gue pelan-pelan tapi malah ngadepnya ke arah kompor lagi karena ternyata gue memutar badan gue 360 derajat. Nyokap langsung angkat bicara “Tolong jelasin kenapa bisa kaya gini?’, gue tanpa basa-basi langsung balik badan dan ngejelasin pelan-pelan, “Gini mah, jadi ada satu konsep yang sangat umum banget, dan konsep ini juga salah satu konsep yang sangat manusiawi”, “KONSEP APA ITU?!!!!*geledek jeger jeger*” tereak nyokap, “Konsep Lupa mah”, tanpa basa-basi nyokap langsung senyum dan masuk kamar.”Terimakasih Ya Awooooohhhhhh”.

Filosofi kehidupan kedua: Dlm keadaan kaya gitu, lo jelasin aja kalo konsep lupa itu sangat manusiawi, mudah-mudahan orang bisa ngerti laah.



Sebelum tragedi bentuknya masih sangat sederhana 



Setelah tragedi dapat disaksikan betapa menawannya dendeng itu




Sebenernya cerita ini masi ada lanjutannya, Cuma karena gue khawatir pembaca pada bête, sampe disini dulu yaa.. thanks guys.. “Panci Daging didalam Konsep Lupa”-Part 2 . cooming soon..

Sebarkan

1 Sanggahan:

  1. @nia_alatas

    "ini jd salah satu crita pengalaman lo yang paling gw suka! karena lucuuuu bngt buat dibayangin kejadiaanya!! Ditunggu episode selanjutnya :D

    BalasHapus