Diet Maut

Industri Kecantikan mencitrakan kesan par excelence bagi wanita cantik berbadan seksi, yang dengan itu muncullah program-program kecantikan dan diet instan sebagai pelepas dahaga sensualitas. Para wanita berbondong-bondong menggagas ideologi baru yang memposisikan cantik dan seksi sebagai landasan kebenaran absolut.  Kecantikan dan badan seksi menjadi standart keagungan dan puncak kualitas seorang wanita.

Tanpa pikir panjang untuk masa depan karir sebagai seorang wanita yang kelak akan berumah tangga, yang seharusnya mendidik diri untuk membangun pribadi yang bukan hanya sekedar menjadi seorang wanita, tapi juga sebagai seorang ibu. Masa depan yang seharusnya dipahami sebagai ajang berbuat sesuatu untuk generasi mendatang, malah dianggap remeh karna tidak menjanjikan kenyamanan personal.

Standar kualitas wanita telah berubah, kepekaan dan kecenderungan terhadap prilaku ke-ibuan hanya scene-scene tak berguna pada tayangan televisi atau kisah-kisah klasik,  kesopanan dan ahlak sudah tidak lagi penting, kehormatan dan cita-cita mulia hanya coretan pada dinding-dinding sosial media, sebatas teknik promosi diri supaya dipandang sebagai wanita yang sempurna luar dalam,  Pokoknya yang penting cantik dan seksi.

Sibuk menurunkan jarum indikator pada alat timbang badan, dibayangi rasa bersalah setelah menyuap nasi pada malam hari,  merasa hina apabila ada komentar “Kamu kok gemukan?”, memandang kesempurnaan fisik orang lain sebagai ancaman bagi kesejahteraan hidupnya, sibuk memperhatikan cermin setelah mendengar komentar yang tidak sesuai harapannya, seakan mata dunia tertuju padanya. Ini jenis kegilaan baru yang banyak dialami oleh kaum hawa.

Tidak perlu disadari, tidak perlu direnungi, anggap ini omong kosong.


Ciaaaaaaaaao!

Sebarkan