Sholat Import



JUMAT PAGI- Jam 8-an tanggalnya gue lupa. Gue bangun tidur langsung liat bbm, ada beberapa notif dari temen-temen gue. Dari  8 bbm yang ngajakin kearah kebaikan Cuma 2 orang, yang satu juga, ngajakin kebaikan tapi malemnya udah ada rencana buat nge-club disenayan. Tapi berhubung gue anak yang baik, jadi gue dengan senang hati tolak tawaran dia. Walaupun gue rada kesel, kenapa dia ngajakin gue tapi ga ngejanjiin buat teraktir. Bukan itu yang mau gue ceritain.


Ada satu bbm dari temen gue, namanya Paul Scholes. Tiba-tiba dia ngajakin gue sholat jumat. Dia awalnya nanya gini “Cin, apakabar?”. Gue bales “Gue baik kok, lo apakabar?”, dia jawab “Gue juga baik, lo lagi ngapain?”, gue kesel ni orang basa-basi. gue bales “To the point please”. Dia bales lagi “Oke, kita sholat Jumat yuuk”. Disitu gue terharu banget sampe sedikit netesin air mata, karena posisinya gue tau banget ni anak kehidupannya ancur lebur. Akhirnya dengan senang hati gue terima tawaran dia, walaupun saat itu gue juga udah sekitar 5 taunan ga pernah sholat jumat. Gue sholat jumat terakhir pas kejadian tsunami di aceh, itu juga Cuma sekali doang, jadi udah lupa cara-caranya.

Gue berusaha nutupin kedia kalo gue udah lupa tekhnik-tekhnik, gerakan, posisi, bacaan dan gaya-gayanya. Gue udah lupa semua. Jam 11 dia jemput gue dirumah, gue udah rapih banget dengan pakaian ala orang baru pulang haji gitu. Sumpah pas gue ngaca muka gue bercahaya banget kek obor somay. Sesampainya dimasjid, orang rame banget, padahal kondisi panasnya ga ketulungan, gue ga kuat rasanya mau pulang. Tapi temen gue tetep yang nyemangatin gue gitu, dia bilang “Acin kau pasti bisa’, sambil ngelus-ngelus pala gue pelan, gue takut, jangan-jangan doi mendadak melenceng dari jalur kenormalan. Tapi mudah2an nggak.
Khotbah berlangsung lumayan lama, gue duduk paling belakang samping beduk, temen gue didepan gue persis, dia khusyuk banget ngedengerin tu ustad ceramah, padahal yang diceramahin sama aja, itu-itu doang, haduuh capedeeeeh. Ketika takbir berkumandang gue dan semua orang yang ada dimasjid berdiri bersaf-saf, sambil meluruskan shaf, gue liat kiri-kanan, dan ternyata posisinya disamping kanan-kiri gue orang laen, bapak-bapak ga jelas gitu, disamping bapak yang sebelah kiri gue baru temen gue.

Sholat berlangsung sampai ke menit-menit terakhir. Sampai pada posisi tahiyad akhir, disitu gue kelabakan, gue lupa harus miring kekanan atau kekiri, dan harus nunjuk pake tangan kanan atau kiri, tapi ketika gue peratiin sekeliling gue, mereka miring kekanan dan nunjuk pake tangan kanan. Gue sempet berfikir buat tampil beda gitu. Gue ga tau lagi harus ngelakuin apa biar sholat Jumat gue yang Cuma sekali-kali tapi punya kesan buat orang-orang disekitar gue, akhirnya gue miring kekiri dan nunjuk pake tangan kekiri.
Sholat akhirnya berakir dimenit ke 12. Gue masih mempertahankan posisi duduk yang miring kekiri. Setelah salam, gue denger kasak-kusuk orang-orang pada ngomongin gue, temen gue nanya “Cin kenape?”, gue jawab “Ga tau nih, norak yee”, ada seorang bapak yang berusaha buat ngejelasin ke gue. Dia nyamperin gue dan bilang “Maaf dek, ini orang-orang pada keheranan sama adek”, “Heran kenapa?” Tanya gue, “Dimana-mana yang namanya tahiyad akhir, miringnya kekanan dan nunjuknya juga pake tangan kanan”, gue sempet mikir, berati ni orang-orang pada sholat kaga khusyuk, buktinya mereka meratiin gue sampe detail banget, gue ngerasa didiskriminasi banget ditempat itu dan akhirnya gue bilang , “Maaf, saya kasi tau yee, Bapak Lokal kalo saya BUIL-UP, bapak pake stir kanan , saya pake stir kiri. FAHAM!!”. 

Setelah kejadian itu gue pulang dengan hati lega karena gue yakin banget kalo orang-orang yang denger jawaban gue, pasti mereka langung nyari tau tempat layanan pengiriman sholat dari luar negri buat mereka praktekin dalam kehidupan sehari-harinya. Oke guys. sekian dulu cerita buat Jumat ini.. 

Sebarkan

2 Sanggahan:

  1. @nia_alatas

    "Hwahaha maaf" haahaha sorry" hahaa *aduuh gw kuat buat nahan ketawa!!
    Top!! jadi Trend setter dengan cara seperti ini,ide yang brilian BNGT!!

    BalasHapus