Berlayar Dikepala Tuhan

Kudapatkan hal baru dalam hidup, yang karenanya, kumengerti  salah satu perumpamaan yang telah dihendaki tuhan dan sepertinya tuhan menginginkan setiap manusia untuk mengertinya. Kubenar-benar tak mengerti  ini benar atau salah, tapi yang pasti hal ini telah memberikan motifasi tinggi padaku dan kurasa, hal ini juga yang dimaksudkan oleh Tuhan. Telah kita ketahui bersama bahwa air adalah dzat yang lembut, berulang kali kucoba tuk menenggelamkan tangan di air, dan aku berhasil dan itu hal yang lumrah bagi setiap orang. Mungkin ini pembukaan dari maksudku.



Suatu ketika, kumelakukan suatu perniagaan, dengan menggunakan jalur laut dan menggunakan sarana perahu, dan disanalah kumendapatkan sesuatu yang berharga. Kuberharap hari itu adalah hari yang indah, yang dimana kubisa mendapatkan hal-hal istimewa ditengah hamparan laut yang membentang. Kusaksikan dengan seksasama pada apa yang terjadi dengan perahu yang kunaiki, kupukul  dan kuketuk-ketuk bagian lantai perahu dan terdengar suara ketukan tanda padat. Perahu terisi berton-ton beban tapi tetap kokoh tak tertenggelamkan air. Bahkan dalam satu waktu mencapai puluhan bahkan ratusan perahu yang mengambang diatas air. Sepertinya air memiliki misteri disini. Air memiliki kemampuan dalam mengembangkan kualitas dirinya, air juga memiliki rasa tanggung jawab dan melapangkan raganya demi menampung keberatan yang membebaninya.

Kusadari bahwa tuhan mengibaratkan berbagai masalah-masalah yang membebani manusia dalam kehidupannya seperti  perahu layar dan hati manusia sebagai air. Pada hakikatnya beban manusia adalah hal yang memberatkan eksistensinya, dan tidak dipungkiri bahwa terkadang, tak semua beban dapat diatasi oleh manusia, karena pada dasarnya hati manusia adalah sebuah maujud yang sangat lembut, akan tetapi, jika hati dapat dilapangkan layaknya air laut yang membentang dengan luasnya, maka segala permasalahan apapun dapat diatasi oleh manusia dan bukan hanya itu, bahkan manusia dapat mempermainkan masalah-masalah yang menimpanya layaknya perahu yang terapung diatas air yang dikemudikan oleh seorang nahkoda yang handal.

Sebarkan

0 Sanggahan:

Posting Komentar