Cinta Virtual

Orang-orang cenderung membagi Cinta menjadi dua jenis. Cinta kepada pasangan dan Cinta kepada selain pasangan. Jadi ada semacam regulasi tanpa AD/ART, bahwa ketika membahas Cinta berarti membahas hubungan antara lelaki dan wanita. Ini keliru, tapi biarkan. Karna lucu.


'Aku Cinta kamu sayang'.


'Aku' bermakna 'diri'

'Cinta' dalam kalimat itu adalah kata kerja.


'Kamu' yang dimaksud adalah korban dari rasa Cinta itu.


Tambahan kata 'sayang' adalah bumbu penyedap yg sebetulnya merusak makna dari kata kerja yang awal, karna kata itu cenderung mewakili libido ketimbang nurani.

Karna 'Cinta' selalu dipahami sebagai kata kerja, maka orang itu tidak akan pernah sampai pada ketulusan, dan senantiasa mengharapkan balasan. Di alam imaginal, Cinta berubah jadi 'kata Cinta', rasa berubah 'jadi emoticon', kekaguman berubah jadi 'like', dan kepedulian berubah jadi 'share'.

Banyak makna yang terurai menjadi serpihan-serpihan kekosongan serta halusinasi dan bagi sebagian orang inilah Cinta yang sebenarnya. Saat ketulusan yang disini tidak divirtualkan dan tidak berkemas halusinasi kata serta canda utopia, akan kalah dengan kebohongan yang indah disana, kepalsuan mimik dengan gambar yang seakan mewakili isi jiwa yang sesungguhnya, padahal hanya mahluk asing beparas tombol dan berjiwa quota.

Saat pengorbanan yang disini tidak bernuansakan romantisme ala Romeo dan Romle, atau Jane dan Jaka, atau Habibi dan Ainun, akan kalah dengan konsultan imitasi disana, yang hadir dengan kata-kata mutiara hasil jiplak, romantisme alakadarnya namun karna berada dibalik screen, hal itu terlihat bonafit. Cinta-pun harus undur diri karna 'Kata Cinta' lebih dianggap berarti ketimbang nurani yang suci.

Telah datang satu masa dimana harapan akan keindahan diganti oleh kata yang mengandung rayuan tulalit, saat dimana seseorang beralih dari ketulusan aktual kepada kasih sayang imagi yang banyak dijual di pasar-pasar janji, saat para wanita pe-solek meninggalkan harga diri demi nilai yang dianggap 'Cinta', padahal hanya lubang berduri yang tidak lain hanya untuk bunuh diri.

Ciiiiaaaaaao!

Sebarkan